Program Fasilitasi Usaha Dan Bisnis Kreatif Mahasiswa Tahun 2020

Ide bisnis anak muda yang satu ini membutuhkan kreatifitas tinggi agar mampu menjaring banyak followers. Selain itu, Anda perlu rajin membuat konten yang kreatif untuk diunggah ke media sosial. Sebab, hanya melalui kontenlah Anda bisa meningkatkan impression dan engagement untuk meningkatkan nilai personal branding. Selain tingginya risiko seperti rugi atau bahkan bangkrut, membuat bisnis juga tidak bisa sembarangan. Apabila kamu memang tertarik untuk berbisnis, kamu harus menemukan esensi bisnis yang kamu ciptakan.

Tercatat, hingga saat ini ada three ribu pelaku kuliner kreatif yang sudah melewati tahap kurasi bekraf. “Hal tersebut dimaksudkan untuk membuka kesempatan mempromosikan produknya kepada masyarakat luas di seluruh Indonesia,” terangnya. Dari knowledge itu, sudah terlihat bahwa, sektor kuliner kreatif begitu tinggi perannya untuk peningkatan ekonomi. Bekraf pun akan tetap melakukan pengawalan terhadap peningkatan itu. Beritajatim.com adalah media on-line berbasis di Surabaya dan fokus untuk wilayah Jawa Timur.

Meningkatnya penjualan bisnis online dapat kita manfaatkan di masa-masa seperti ini. Mahasiswa dapat mengatahui strategi – strategi untuk membangun sebuah bisnis, mengembangkan sebuah bisnis supaya mempunyai nilai lebih dibangdingkan dengan kompetitor yang sangat ketat. selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa dengan seminar yang kita adakan dapat memicu atau memberi semangat mahasiswa agar berbisnis dan juga memberi langkah awal mahasiswa untuk berbisnis. Hal terakhir yang juga tidak mudah adalah menjaga kepercayaan konsumen. Kepercayaan dari konsumen ini menjadi modal penting bagi Anda dalam menjalankan usaha. Jika Anda mendapatkan tingkat kepercayaan tinggi, maka hal tersebut dapat berpengaruh pada tingkat penjualan produk berikutnya.

Bisa jadi kamu mengolah rotan menjadi keranjang, tempat lampu, lemari, dan lain sebagainya. Alvi berharap dari acara ini bisa menambah kemampuan mahasiswa untuk bisnis kreatif di PKM yang akan datang. “Ini salah satu bentuk dukungan kami untuk bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kemampuan PKMnya,” bebernya.

Bisnis Kreatif

Bisnis ini muncul karena banyak orang yang menghindari keramaian. Oleh karena itu, jasa kurir dibutuhkan untuk mengantar atau mengambil barang. Ide bisnis kreatif dan inovatif selanjutnya adalah menjual dompet kulit.

Sama halnya dengan penyewaan kostum, menjual souvenir untuk pernikahan juga menjadi ladang uang yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa smartphone memang dilengkapi berbagai fitur menarik yang membuat orang-orang merasa terdorong untuk memilikinya. Namun semakin canggih suatu smartphone, tetap saja tidak ada yang anti rusak ketika terjatuh. Oleh karena itu, profesi animator akan mulai berkembang beberapa tahun kedepan. Anda juga bisa menjadi marketplace untuk menjual barang lainnya seperti jas pengantin, gaun pengantin, mahar pernikahan atau bahkan gedung yang sudah disewa tapi tidak jadi dipakai. Terlebih lagi para generasi tua yang mengalami transisi dari period analog ke period digital kini.

Berbicara mengenai makna kreatif itu sendiri, menurut Riki, kreatif adalah kemampuan seseorang mencipta alternatif baru dari berbagai bentuk yang tersedia. Ia mencontohkan ke dalam produk kopi, yang mana belakangan ini muncul perpaduan kopi dengan gula aren. Riki melihat adanya peluang besar di balik industri yang baru berkembang ini. Menurut Riki, keberanian seseorang dalam memulai untuk terjun ke dalam bisnis di industri kreatif. Menjatuhkan pilihan untuk menjadi pebisnis di industri kreatif tak jarang menimbulkan rasa tak aman dari berbagai aspek. Bisa dibilang wajar, sebab, industri ini terbilang relatif baru berkembang di Indonesia.

Bagi konten creator seperti youtuber, mereka butuh tambahan sound atau audio yang sesuai dengan video mereka. Inilah saatnya kamu yang punya keahlian dibidang musik, menyediakan produk digital ini. Bisnis akan memungkinkan sobat ukmsumut untuk membuat beraneka macam backsound maupun musik intro yang kemudian bisa dijual secara online.