Menjadi Entrepreneur Muda Yang Sukses

Meski begitu, pihaknya telah menyusun strategi untuk bertahan di tengah pandemi. Hal ini dilakukan dengan mengubah goal pasar dari wisatawan mancanegara menjadi wisatawan lokal. “Kami mulai menuju goal lokal dari Sumatra, orang-orang Agen Bola Online Bandar Lampung, ada juga dari Jakarta,” ujar dia. Karena itu, Jokowi memerintahkan Bahlil untuk menjadi perantara agar investor dalam negeri dan luar negeri bisa bermitra dengan pengusaha-pengusaha di daerah, termasuk mereka yang tergabung di Hipmi.

Ayah dua anak ini tak pernah takut gagal; ia selalu optimis dalam memandang setiap impian. Salah satu cara untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis, yakni dengan menerapkan tips-tips di bawah ini. Ilmu bisnisnya pun ia bagikan dalam sebuah pelatihan bisnis bernama Entrepreneur Camp yang merupakan pelatihan untuk membentuk mindset/pola pikir entrepreneur/wirausaha selama 3 hari 2 malam. Alumninya sudah lebih dari an dari semua angkatan yang tersebar di Indonesia. Tak disangka buku nya laris manis, jadi buku best vendor dan memberikan pengaruh bagi pembacanya untuk senantiasa mengambil hikmah dari yang dialami Dewa Eka Prayoga.

Memiliki bisnis yang sukses hingga menjadi tajir melintir di usia muda, sepertinya menjadi kalimat yang pas buat menggambarkan Gilang Widya dan istrinya, influencer Shandy Purnamasari. Bagaimana tidak tajir, mereka punya bisnis kecantikan yang saat ini umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pengetahuan pengusaha terkait advertising memiliki pengaruh penting dalam perkembangan sebuah bisnis.

Walaupun berasal dari kalangan keluarga yang mampu secara finansial, kedua orang tua Elang tidak pernah mendidik anaknya untuk meminta sesuatu yang berlebih. Bahkan, sedari kecil, ia telah diajarkan bagaimana cara menabung untuk mendapatkan masa depan yang cerah. Melaui Riliv, dua bersaudara Audrey Maximillian dan Audy Christopher Herli berusaha meningkatkan perawatan kesehatan mental di Indonesia dan mengatasi stigma sosial karena didiagnosis menderita penyakit psychological.

UMKM ini melayani pembuatan keramik sesuai dengan desain dan warna yang diinginkan konsumen. Bahkan, pemesan bisa membuat emblem sendiri yang ingin disematkan ke dalam keramik. Kini, Naruna memiliki omzet Rp200 juta per bulan dan telah melakukan ekspor hingga ke Australia. Ketika ide bisnis berasal dari hal-hal yang disukai seseorang akan lebih fokus dan termotivasi. Klaster ini lahir dari proses tempaan HIPMI sehingga menjadi pengusaha matang dan tangguh – Pengusaha yang naik kelas dari pengusaha kecil menjadi menengah dan dari pengusaha lokal menjadi nasional.

Pengusaha muda

Putri melanjutkan gairahnya dalam industri ini dengan mulai membuat event kecil-kecilan, seperti perayaan ulang tahun. Bermodalkan pengalaman, hasil dari ketekunan usaha, dan keyakinan pada dirinya, ia berani memperlebar bisnis EO-nya dengan nama Creativepreneur Event Creator. Bergerak di bidang Event Organizer , gadis kelahiran 1996 ini memulai bisnisnya bernama El Paradiso sejak usia 15 tahun.

“Saya mendukung sekali beliau untuk terpilih jadi ketum Hipmi, karena beliau sangat representatif untuk mewakili kami para pelaku pengusaha muda. Semangat beliau dalam membangun daerah melalui gerakan ekonomi kreatif sangat terlihat dan terbukti,” kata dia, beberapa waktu lalu. Namanya mengemuka berkat kesuksesannya dalam membangun sekolah musik yang bernama Jogja Music School yang kini menjadi sekolah musik terbesar di Yogyakarta. Ternyata, pendidikan kursus musik ini sangat diminati dan muridnya setiap bulan mencapai lebih dari 200 siswa. Omset pertahun yang bisa ia dapatkan dari sekolah musik ini sekitar 750 juta.

Direktur Bisnis Kecil, Ritel dan Menengah BRI Priyastomo mengatakan, penghargaan Pengusaha Muda BRILian 2020 diberikan sebagai bentuk dukungan bagi pengusaha muda di Indonesia. Dia berkata, pengusaha muda harus terus didukung dan didorong agar semakin berkembang, serta bersikap tidak mudah menyerah dan berani mengambil risiko agar semakin maju. Berbisnis tidak hanya mengandalkan niat dan tekad yang kuat tapi komitmen untuk memulai bisnis itu sendiri. Semangat pantang menyerah dan kerja keras menjadi modal penting seorang pengusaha.