Memimpin Demi Dunia Yang Lebih Baik

Saat itu, kondisi politik internasional mendorong bangsa Indonesia untuk berpikir cepat untuk menyesuaikan dan menyiapkan diri guna memanfaatkan perkembangan dan dinamikanya. Saat itu, ada ancaman stabilitas kemanan nasional Indonesia dan stabilitas kawasan Asia Pasifik, serta regional Asia Tenggara. Salah satu metode yang dilakukan untuk menangkal dan menghadapi ancaman tersebut, yaitu perubahan, di mana perubahan yang dilakukan melalui pembangunan. Semenjak itu, Golongan Karya menjadi kekuatan Politik Nasional dan menjadi alat demokrasi bagi kemajuan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Melalui Partai Golkar, pemerintahan Soeharto menyalurkan program perubahan bagi bangsa Indonesia untuk menuju kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Belajar untuk memimpin

Umumkan kepada semua peserta rapat bahwa Anda akan mengadakan rapat untuk membahas suatu persoalan, minimal seminggu sebelumnya. Dengan demikian semua peserta dapat melakukan persiapan dengan maksimal. Program ini sangat sesuai bagi semua orang yang mengelola orang lain untuk pertama kali dan siapapun yang diharapkan untuk mampu memimpin, mengembangkan dan memotivasi sebuah tim.

Sifat pemimpin yang senang melayani ternyata mampu mempengaruhi orang lain untuk mengikuti mereka. Menurut Arfan Usman keberhasilan Siak merebut tidak terlepas dari keseriusan Bupati Syamsuar memperhatikan forum anak Siak. Terakhir Bupati berpesan pada pengurus forum anak untuk serius memperhatikan apa yang disampaikan narasumber dalam pertemuan ini, jika ada hal yang belum dipahami harap langsung bertanya. Pelantikan Ganjar sebagai gubernur dilaksanakan hari Jumat, 23 Agustus 2013 oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di DPRD Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang. Lalu ia melanjutkan pendidikannya di SMP 1 Kutoarjo dan SMA BOPKRI 1, Yogyakarta. Setelah lulus sekolah menengah atas ia melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada.

Tapi alhamdulillah, tahun 1972 Mu’allimien mulai membangun sebuah kantor di depan MIM Leuwiliang. Hal ini bisa terwujud berkat kerjasama yang baik antara guru, siswa dan masyarakat terutama warga Muhammadiyah. Pengurusan tanah, pengadaan batu untuk pondasi, dan lain-lain dikerjakan secara bergotong royong tanpa mengenal lelah.

Orang perlu mengidentifikasi dengan tujuan, yang berarti bahwa mereka dapat bekerja dengan baik dan terarah setiap harinya. Yang tak kalah pentingnya, adalah kebutuhan manajer untuk mengembangkan keterampilan untuk lebih ‘mendengarkan’, karena melalui mendengarkan, manajer akan memicu perubahan dalam cara dan perilaku orang. Pemimpin belajar untuk menghargai pengalaman dan sudut pandang orang lain.

Di sinilah orang sering menyebut seorang pemimpin adalah penyemangat. Yang tak henti membangkitkan kembali impian yang kadang meredup dalam benak dan hati. Ya, sebab hemat kami, bentuk riil kepemimpinan adalah perilaku. Kepemimpinan jelas bukan semata apa yang dipikirkan semata, atau apa yang dirasakan semata. Ia harus mewujud dalam perilaku nyata, hingga tiap orang bisa merasakan keberadaannya. Paternalistic Leadership, yakni bentuk antara gaya pertama dan kedua di atas.