Leadership Workshop, Fondasi Untuk Bergerak Maju Dan Memimpin

Jika untuk memimpin diri sendiri saja sudah gagal, bagaimana memimpin dan mengatur orang lain? Aturlah berbagai aspek fundamental dalam diri Anda, mulai dari waktu, perhatian, hingga emosi diri. Selain berinvestasi dalam pertumbuhan karyawan secara finansial, Anda harus berinvestasi secara emosional. Para pemimpin hebat memberdayakan karyawan mereka untuk tumbuh dengan memberi peluang yang menantang dan membimbingnya sesuai kebutuhan. Bertindak sebagai pelecut dan penyemangat tim adalah bagian penting untuk menjadi pemimpin yang baik dan efektif. Anda sebagai pemimpin yang baik harus berinvestasi dalam kesuksesan dan pertumbuhan tim.

Baik atau buruknya langkah Anda dan tim Anda ke depannya bergantung pada decision yang Anda ambil. Oleh karena itu, seorang pemimpin ideal haruslah cerdas dalam menentukan strategi terbaik yang nantinya mampu memberikan hasil sesuai ekspektasi. Pemimpin yang baik harus mendorong pertumbuhan tim dengan mengajarkan dan mengarahkan mereka. Orang-orang tidak akan tumbuh jika para pemimpin tidak pernah mengajari mereka apa pun.

Misalnya, pemimpin mampu mengayomi bawahan, menerapkan pola hidup benar, mengambil keputusan tepat, dan mampu untuk menyelesaikan masalah. Di dalam Perusahaan, berbagai task drive dibentuk untuk dapat mengerjakan tugas2 jangka pendek yang ada. Perusahaan yang maju menuntut para manajernya untuk terbiasa menjadi anggota yang memberikan kontribusi optimum dan memimpin secara efektif berbagai tim atau projek yang ada.

Mempimpin sebuah kelompok

Yang pada dasarnya kehendak pemimpin juga harus berlaku, namun dengan jalan atau melalui unsur-unsur demokratis. dalam bekerja, Pimpinan harus melakukannya dengan tuntas dan akurat berdasarkan kompetensi terbaik dan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi telah selaras juga dengan perilaku yangcredible dan unsur integrity. Dalam Kesempurnaan terkandung makna bahwa Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik. Dalam ProfesionaIisme terkandung makna bahwa dalam bekerja, Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan melakukannya dengan tuntas dan akurat berdasarkan kompetensi terbaik dan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi.

Saat berdiskusi dengan orang lain, kamu tahu kemampuan dirinya yang sebenarnya dan bisa memberikan tugas sesuai porsi dan keinginannya. Orang yang cerdas secara emosi, dapat mengelola keterampilan ini dengan baik dan cenderung sangat produktif serta efektif . Dalam hal apapun yang mereka hadapi, ada banyak cara untuk memotivasi diri sendiri, antara lain dengan banyak membaca buku atau artikel-artikel positif, “selftalk”, tetap fokus pada impian-impian, evaluasi diri dan sebagainya. Toleransi terhadap stress merupakan kemampuan untuk bertahan terhadap peristiwa-peristiwa buruk dan situasi penuh tekanan tanpa menjadi hancur.

Walaupun dimainkan dengan nada-nada yang sesuai, jika keseimbangan suara antar instrumen tidak sesuai dengan porsinya, maka suara yang terdengar tidaklah harmonis. Jika dilihat sepintas, menjadi konduktor atau dirijen sangatlah mudah, hanya perlu menggerakkan kedua lengan dengan dan konsisten menghitung setiap ketukan. Tetapi di luar itu, pemahaman mengenai lagu harus dikuasai terlebih dahulu. Misalnya, mengetahui kapan dinamika dalam lau tersebut naik atau turun, mana yang dibawakan dengan cara yang super lembut dan sangat keras. Selain hal-hal teknis tersebut, membangkitkan semangat dalam memimpin sangatlah diperlukan. Tidak semua orang dapat menjadi konduktor atau dirijen, tetapi di tangan yang tepat, sebuah ensambel musik atau paduan suara akan mengeluarkan potensi terbesarnya.