Ideas Cerdas Mengelola Keuangan Agar Nggak Gampang Habis

Setiap kalangan, baik itu kalangan mahasiswa, pekerja, maupun yang sudah berumah tangga, tentu memiliki tingkat pendapatan yang berbeda-beda. Namun setinggi apapun pendapatan yang dimiliki, akan selalu terasa kurang bisa tidak dibarengi dengan pengalokasian pengeluaran tanpa adanya skala prioritas. Makan sesekali di restoran tidak masalah, namun jika makan di restoran menjadi sebuah kebiasaan rutin akan menghabiskan gaji secara cepat. Harga makanan di restoran setidaknya hingga 4X lipat daripada makanan buatan sendiri. Berbeda dengan mahasiswa dan pekerja, bagi Anda yang sudah berumah tangga, alokasi pemasukan dan pengeluaran tentunya harus lebih akurat dan hati-hati. Bila sudah berumah tangga, itu berarti Anda sudah tidak hanya menanggung kehidupan diri Anda sendiri, namun juga kehidupan masing-masing anggota keluarga Anda.

“Harus ada beberapa batasan,” ujarnya, yang menambahkan bahwa itu juga berlaku untuk keluarga. Zohlen mengatakan bahwa di tengah pandemi ini sangat penting untuk menganalisis apa yang penting dan tidak penting untuk kita, sehingga kita bisa meminimalisir pengeluaran. Survei dilakukan kepada a hundred and fifteen responden penerima THR yang dipilih secara acak untuk menjawab beberapa pertanyaan. Usia responden mulai dari 17 tahun hingga 39 tahun, dengan rentang penghasilan mulai dari Rp 4,1 juta hingga Rp 15 juta.

Bayangkan saja bila anda bisa mendapatkan sebuah mobil dengan harga miring di flash sale. Atau handphone anda yang sudah tua perlu diganti dengan handphone baru bisa anda dapatkan jika anda rajin mencari informasi semacam ini. Setiap tahun biaya sekolah semakin melangit apalagi jika Anda bercita-cita mendaftarkan buah hati di lembaga pendidikan terbaik.

Mengatur keuangan

Anda harus menunggu sampai awal bulan jika ingin melakukan sesuatu, dengan alasan karena Anda tidak memiliki uang lagi. Simpanlah hasil kembalian dari warung, minimarket, dan lain sebagainya. Siapkan wadah untuk menyimpan uang receh tersebut agar tidak berceceran.

Akibatnya kita sering kali menunda-nunda untuk mempersiapkan waktu pensiun. Beban keuangan pun akan semakin berat karena kamu tidak memiliki dana cadangan untuk menanggungnya. Sebab memiliki satu rekening saja akan membuat kamu terdorong untuk menggunakannya karena merasa masih banyak uang yang tersisa. Kamu perlu memisahkan rekening tabungan dengan rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Manfaatnya pun luar biasa karena pertanggungannya sangat luas jika dibandingkan asuransi kesehatan swasta yang lebih terbatas.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa untuk ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony. Karena uangnya keluar langsung dari rekening pribadi , maka jurnalnya pun tidak menggunakan akun Bank. Selaku pemilik bisnis, sangat penting untuk melakukan monitoring dan mengukur performa keuangan bisnis. Ini masih berkaitan dengan yang sebelumnya yaitu mendidik diri sendiri. Dengan mendidik diri sendiri, seorang pemilik bisnis bisa melakukan monitoring dengan baik dan mengukur performa keuangan perusahaannya.