Humor Gus Dur, Pemimpin Dan Pengail Ikan

Melalui blog ini kami ingin memberikan ideas jitu untuk mengembangkan keuangan pribadi dan bisnismu. Tanpa adanya umpan balik, anggota tim akan berjalan tanpa arah dan tidak tahu dengan kinerja yang telah mereka lakukan. Dalam berhubungan dengan anggota tim, maka sangat penting untuk bisa memberikan umpan balik kepada mereka dalam komunikasi. Penting untuk mempertimbangkan dan memberi perhatian saat anggota tim sedang menyampaikan ide atau saran mereka. Mendorong pertanyaan terbuka akan membuat anggota tim bisa mengungkapkan ide dan pendapat mereka.

Bukan hal yang tak mungkin jika mereka akan gagal ketika harus membuat keputusan dan mengambil tindakan. Persiapkan prinsip dengan baik, atur tenggat waktu atau deadline, rencana yang matang atas sebuah produk, ulasan kinerja tim, dan ciptakan struktur, maka proses dapat dengan mudah berjalan. Bukan sesuatu yang mengejutkan jika anggota tim ingin diberikan motivasi dan inspirasi oleh kepemimpinan tim yang memiliki energi dan antusiasme untuk membangkitkan semangat mereka. Namun, merekapun butuh kepastian bahwa pemimpin kelompok mereka mempunyai akses atau kemampuan yang cukup untuk memimpin mereka ke arah yang benar.

Disinilah pentingnya karakter dan integritas seorang pemimpin untuk menjadi pemimpin yang diterima oleh rakyat yang dipimpinnya. Rahasia utama kepemimpinan adalah kekuatan terbesar seorang pemimpin bukan dari kekuasaanya, bukan kecerdasannya, tapi dari kekuatan pribadinya. Jika saja Indonesia memiliki pemimpin yang sangat tangguh tentu akan menjadi luar biasa. Jika pemimpin sudah tidak bisa memimpin dengan baik, cirinya adalah pengikut tidak mau lagi mengikuti. Liaison ® Menjalin suatu hubungan kerja dan menangkap informasi untuk kepentingan organisasi. Agar tujuan kelompok dapat tercapai, harus ada pertukaran yang positif antara pemimpin dengan pengikutnya.

Cara yang biasa dilakukan oleh pimpinan liberal ini adalah membuat anggota nyaman, agar tugas yang diberikan kepadanya cepat selesai. Pemimpin dengan tipe kepemimpinan ini cenderung tidak banyak mengintervensi namun tetap mengawasi kerja para anggotanya. Dalam pengambilan keputusan organisasi, biasanya pemimpin otokratis cenderung tidak meminta masukan dari anggotanya.

Pemimpin adalah kunci utama setiap keberhasilan karyawan, tidak adanya pemimpin akan membuat visi dan misi yang dilakukan tidak akan bisa dilakukan dengan baik karena tidak ada arahan. Rasa percaya diri akan menunjukkan ketegasan dalam mengambil suatu kebijakan, bahkan jika itu dalam kondisi yang sedang krisis sekalipun. Tapi, bukan berarti seorang pemimpin harus selalu tampil percaya diri, namun minimal mampu mencerminkan tingkat kepercayaan yang dibutuhkan untuk bisa memastikan setiap anggota tim mempercayai pemimpinnya. Curhat pendapat merupakan cara yang paling populer untuk memunculkan beragam gagasan. Semakin banyak kemungkinan dapat Anda munculkan, semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan solusi yang bagus.

Karena dengan adanya evaluasi inilah seorang manajer bisa menentukan apakah yang telah dilakukan sudah sesuai dengan tujuan perusahaan atau belum. Terlepas dari fenomena tadi, sosok pemimpin kerap memegang peran sentral dalam sebuah negara, organisasi, lembaga, maupun dalam keluarga. Sebab, dialah tokoh yang dianggap paling bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan. Di samping itu, seorang pemimpin haruslah memiliki sikap dan karakter yang ideal.

Mempimpin sebuah kelompok

Posisi kepemimpinan dalam fungsi manajemen disebut leading atau directing. Oleh sebab itu, pemimpin organisasi tidak ada tanpa pengikutnya, imam tidak ada tanpa makmum. Sebagai pemimpin, ia harus memperhatikan pengikutnya dengan cara jadilah pemimpin yang pandai merasakan bukan merasa pandai. Jadilah pemimpin yang pandai menyejahterakan, bukan menyengsarakan pengikutnya. Sebagai pengikut, wajib setia dan patuh selama pemimpinnya taat pada peraturan yang berlaku. Sebagai pemimpin, idealnya memiliki prasyarat untuk menjadi pemimpin efektif.

Karakter pemimpin yang baik adalah yang memiliki rasa percaya diri yang cukup untuk mampu memastikan orang lain atau anggota tim dalam mengikuti arahannya. Jika rasa percaya diri atau keyakinan dalam mengambil keputusan tidak dimiliki, maka setiap anggota tim juga akan ragu dan tidak mau mengikutinya. Tentu untuk membuat tim Anda lebih aktif, maka Anda juga harus memantau progress atau kemajuan pekerjaan yang sudah mereka lakukan.

Menyatukan berbagai jenis pendapat bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan waktu lama. Sikap Anda yang tegas sering disalahartikan sebagai bentuk emosi atau dianggap terlalu kaku. Meskipun gaya autocratic paling tidak disukai, tapi gaya kepemimpinan ini sangat cocok untuk pengambilan keputusan di saat kritis. Perubahan itu tidak dapat dihindari dan hal ini harus dipahami oleh seorang pemimpin. Menjadi sosok yang terbuka atas ide, gagasan, dan perspektif orang lain yang berbeda karena setiap individu memiliki perspektif unik yang dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi tim.