Dropshipping Masih Bertahan Di 2020?

Direktori pemasok dropship SaleHoo merekomendasikan untuk menjual produk non-musiman yang tidak didominasi oleh merek besar, murah untuk dikirim, dan dijual dengan harga setidaknya diatas a hundred ribu rupiah. Jika Anda mencoba mencari cara untuk memulai bisnis dropshipping, Anda tidak sendirian. Saat ini, 33% toko ecommerce menggunakan dropshipping sebagai metode pemenuhan penjualan dan dengan pertumbuhan industri ecommerce yang tumbuh pada klip 17% setiap tahun, popularitas dropshipping akan terus meningkat.

Untuk tujuan ini, jika Anda bertanya-tanya di mana mencari produk untuk dropshipping, prosesnya tidak sesulit mengidentifikasi niche — karena ada berbagai pemasok dropship di luar sana yang menawarkan jutaan produk. Setelah Anda menentukan niche dan pesaing yang ingin Anda targetkan dengan produk tertentu, sekarang saatnya mencari pemasok yang menjual produk itu. Temukan berbagai barang yang sesuai dengan minat kamu dan komunitasmu, setiap hari stok barang selalu diperbarui dan mengikuti perkembangan sekarang.

Bayangkan ketika Anda bermaksud membeli barang di toko on-line. Tak lama, Anda menemukan produk yang Anda cari di sebuah toko yang juga menjual seprei dan pakaian anak. Apakah Anda tertarik membeli produk yang diincar di toko tersebut? Model bisnis dropship meminta provider barang mengirimkan barang ke pembeli atas nama dropshipper. Seolah-olah dropshipper lah yang menjadi penjual pertama dari produk.

Misalnya, produk perawatan kecantikan, produk kuliner immediate dan lainnya. Tahun 2021 Indonesia diprediksi akan jadi pasar ecommerce terbesar di Asia, dengan pendapatan bisnis on-line yang mencapai USD 14,47 miliar. Angka yang sangat fantastis tersebut setara dengan 20 persen dari total pendapatan negara.

DropShipping

Jika pesanan sudah banyak, maka tak perlu lagi mengharapkan biaya pengiriman berlebih. Bisa saja reputasi pengecer rusak akiba ulah produsen, semisal barang tidak dikirim. Tentunya pembeli tidak mau tahu, tetang kondisi produsen, karena dia memang hanya bertransaksi dengan pengecer/pemilik toko. Menjadikan ongkos kirim tidak sesuai dengan persepsi pembeli. Konsumen tentu mengukur ongkos kirim antara tempat tujuan kirim dengan tempat penjualnya. Sebagai contoh penjual dari Semrang dan pembeli di solo sedang barang dikirim dari Medan, tentu pembeli berpikir kenapa barang dikirim dari medan kalau penjualnya di Semarang.

Sebaliknya, Anda hanya membayar untuk itu ketika pelanggan telah memberi Anda uang untuk pesanan. Ini membuat dropshipping salah satu dari beberapa model bisnis di mana Anda tidak perlu mengeluarkan uang sebelum pelanggan benar-benar membayar Anda, yang meminimalkan banyak risiko Anda. Pada persaingan bisnis semacam ini, tetap ada mitra grosir abal-abal yang terkadang akan membebankan biaya berlangganan kepada Anda sebagai pemilik bisnis kecil. Selain itu, mitra jenis ini bisa jadi hanya memeras tenaga dan waktu Anda saja.

Anda dapat mencoba dan menjual berbagai jenis produk dalam satu waktu. Bila Anda fokus pada satu produk saja, Anda bisa menjadi sangat ahli dalam produk tersebut. Konsumen potensial akan lebih mudah dalam mempercayai bisnis Anda ketika Anda mengenal dengan baik tentang produk yang Anda jual.

Namun biasanya dalam pendaftaran hanya memerlukan data-data seperti e mail, nama, alamat tempat tinggal, no hp dan data-data yang umum lainnya. Dropshipper membayar sejumlah uang ke pihak provider dengan harga awal yang ditentukan provider tadi. Pembeli tertarik dan mengontak dropshipper untuk membeli produk yang dipromosikannya. Dropshipper mempromosikan barang/produk dari provider dengan harga barang yang disesuaikan “ditambah/dinaikkan”.

Dengan menggunakan sistem dropshipping, tidak perlu membeli dan menumpuk persediaan barang sehingga lebih sedikit modal yang perlu dikeluarkan. Dengan begitu, bisnis perorangan pun bisa dijalankan jika menggunakan sistem ini. Hanya saja, terkadang bisnis dengan sistem dropshipping ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan, terutama untuk melakukan penipuan. Jenis penipuannya bermacam-macam mulai dari barang kiriman yang tidak sesuai dengan foto iklan yang dipasang, atau bahkan barang tidak dikirim sama sekali. Perlu diperhatikan, untuk menjalankan bisnis di bidang perdagangan, maka membutuhkan Surat Izin Usaha Perdagangan , termasuk usaha dropshipping.

Mempertimbangkan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen, merupakan hal yang penting. Namun memilih companion yang tepat, jauh lebih penting dalam bisnis dropship. Pasalnya, Anda tidak mengendalikan produk yang dijual, bahkan mungkin melihatnya secara fisik pun belum pernah. Meski terlihat sangat mudah, tanpa modal dan nyaris tanpa resiko, faktanya menjalankan bisnis dropship tidak semudah yang dibayangkan. Karena modal dari bisnis ini adalah kepercayaan dan kekuatan promosi, tentu ada beberapa trik yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis tersebut. Makanya, membuka bisnis dropshipping peralatan rumah tangga bisa jadi peluang bisnis yang menghasilkan banyak uang.