Anda Sudah Pantas Jadi Pemimpin Jika Punya Pola Pikir Seperti Ini

Buat Anda yang dapat beradaptasi dengan mengadaptasi talent dan mentalitas baru dengan cepat, revolusi industri four.0 ini bisa jadi merupakan peluang emas bagi Anda untuk menjadi pemain baru yang dapat diperhitungkan. Siklus sukses dan gagal di dalam bisnis juga semakin cepat terjadi dibandingkan sebelumnya. Saya merasa seneng banget saat bisa mendidik orang dari bawah sampai menjadi manajer.

Memimpin suatu usaha baru

Mandapatkan masukan dan tanggapan akan kepemimpinan juga dapat membantu Anda menemukan area-area atau skil Anda yang perlu ditingkatkan. Konsultan atau skilled dapat membantu mengembangkan rencana Anda untuk mencapai tujuan. Karena mengembangkan kepemimpinan bisa juga mengambil dari motivasi atas masukan lingkungan sekitar Anda, selain dari buku dan seminar. Jika Anda tidak memiliki wawasan yang luas, Anda tidak akan pandai membuat keputusan yang baik. Untuk itu, pengusaha dituntut untuk terus belajar dan menambah pengetahuan agar dapat mengambil keputusan yang baik dan tepat. Mendelegasikan tugas ke orang-orang yang tepat adalah salah satu keterampilan yang harus terus diasah jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin bisnis yang profesional.

Karyawan menyukai tantangan dan merasakan kepuasan dalam mengatasinya. Baik itu klien yang tangguh, penjualan yang sulit, dan tantangan lainnya. Situasi sulit tersebut atau apa pun masalahnya, ada baiknya membiarkan mereka mengambil tantangan tersebut. Mendapat promosi dengan jabatan yang lebih tinggi tentu sangat membanggakan.

Setelah masing-masing individu menunjukkan hal yang mereka sukai dalam situasi bermasalah tersebut, mereka tidak merasa begitu tertekan dengan masalah. Bahkan dapat dikatakan lebih mampu berpikir jernih dan menyelesaikan masalah tersebut. Hal yang sama berlaku ketika seorang pemimpin perlu meningkatkan strategi mereka. Jika Anda atau anggota tim memperhatikan tindakan yang tidak efektif dalam perjalanan pekerjaan, kembali mencari tahu beberapa keberhasilan yang telah diakukan di masa lalu, dapat menjadi referensi untuk tumbuh dan bangkit.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan kreativitas adalah dengan selalu mencari info sebanyak mungkin. Cari tahu juga info kuliner dari luar negeri, karena bisa saja menjadi inspirasi dan diterapkan di dalam negeri. Cara terbaik untuk ‘menjual’ bisnis adalah dengan membuat promosi yang merepresentasikan bisnis Anda dan membuatnya semenarik mungkin.

Tidak hanya itu, seorang wiraswastawan yang unggul mampu mengumpulkan sumber daya dan informasi yang dimilikinya untuk membangun jaringan dan menghasilkan keuntungan finansial dalam jangka waktu panjang. Untuk bisa menjalankan dua fungsi tersebut secara bersamaan, ia menyebut Kementerian BUMN harus dipimpin oleh orang dengan karakter yang visioner, bisa menetapkan orientasi strategi dengan tepat, serta kreatif dan inovatif dalam membuat kebijakan. Jika dalam dalam sebuah perjalanan usaha, ada perubahan sekecil apapun seorang wirausahawan harus bisa langsung menyesuaikan.

Perusahaan Anda dan karyawan adalah refleksi dari diri Anda sendiri, dan jika menjadikan perilaku jujur ​​dan etis sebagai nilai kunci, tentu tim juga akan mengikuti. Semakin besar perhatian kepada karyawan, maka semakin keras mereka akan bekerja untuk pemimpinnya. Gaya dan cara kepemimpinan setiap orang berbeda-beda tergantung dengan karakter, kepribadian, pengalaman dan proses pembelajaran dari pemimpin tersebut.

Laissez-faire berasal dari bahasa Perancis yang berarti ‘izin bertindak’. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini akan membiarkan orang lain untuk mengambil keputusan. Namun hal ini bukan berarti Anda tidak ikut campur dalam proses diskusi.

Bentuk apresiasi kepada karyawan yang bisa dilakukan bermacam-macam, contohnya dengan memberikan bonus gaji, cuti liburan, sampai dengan naik jabatan apabila memang diperlukan. Tidak jarang, banyak pemimpin perusahaan yang mengalami kerugian karena tindakan-tindakan negatif yang dilakukannya. Tentu saja hal tersebut akan berakibat pada nama baik perusahaan itu sendiri. Jika sudah begitu, akan sulit sekali untuk mengembalikan nama baik perusahaan seperti semula.